Pasar Sukowati, Surga Cendera Mata di Bali

07:50 Globe and Bag 3 Comments



Siapa yang tidak kenal Bali. Bahkan untuk orang-orang diluar Indonesia biasanya lebih mengenal Bali daripada Indonesia-nya sendiri. Menurut saya, Bali itu tidak pernah ada matinya. Selalu menyenangkan terutama untuk belanja. Semua-semuanya ada dan sebagian besar murah, apalagi kalau jago nawar dan berani belanja ke pasar.



Kali ini Globe and Bag menerima tulisan mengenai berbelanja di Pasar Sukowati Bali dari Mba Lorraine atau biasa dikenal dengan Yoyen. 
Tulisannya bisa dibaca di blog pribadinya di  https://chezlorraine.wordpress.com/  


Yang ingin berlibur ke Bali atau  ingin berbelanja seru di Bali harus baca tulisan ini sebelum pergi ya!

* * *




Pasar Sukowati, surga cendera mata di Bali


Salah satu tempat berbelanja cendera mata murah di Bali adalah di Pasar Sukowati di Gianyar. Pasar Sukowati atau Sukawati ini berjarak kira-kira 30 - 40 menit dengan mobil dari daerah Kuta. Datang dari arah Kuta, pasar ini terletak disebelah kiri. Yang menjadi tujuan para wisatawan adalah Pasar Seni Sukowati. Di seberangnya ada pasar tradisional Sukowati yang menjual kebutuhan sehari-hari.





Beberapa meter sebelum sampai ke pasar Sukowati, dikiri kanan jalan banyak pedagang keperluan upacara adat dan tari/gamelan. Mereka menjual besek, hiasan untuk sesajen, kostum tari, payung, penjor dll. Di pasarnya sendiri kamu akan menemukan garment khas Bali dari sarung pantai, celana pendek, atasan rajut, kaus motif Bambu, tas perca, kaus motif Barong. Selain itu pasar Sukowati ini juga surga untuk bermacam sandal jepit, gelang, anting dan tas bermacam model dan warna, kipas, lukisan, bingkai, potpourri, alas piring, patung, kerajinan kayu, perabotan meja makan dan kamar mandi.






Berbelanja oleh-oleh khas Bali di pasar ini memerlukan keahlian menawar yang jitu. Walaupun kadang terlihat kejam, tapi kita sebagai wisatawan lokal dapat menawar 50 - 70 persen lebih rendah dari harga pembuka. 
Ini tergantung dengan jumlah budget, waktu dan kesediaan membandingkan harga di beberapa pedagang yang menawarkan barang yang sama. 
Siasat lain untuk mendapat harga murah adalah datang pagi-pagi. Pedagang di sini senang dengan pembeli pertama untuk penglaris disisa hari selanjutnya. Beberapa kali saya mengalami penjual disebelah tempat saya belanja yang menawarkan harga yang sama, supaya mereka mendapat penglaris juga hari itu.



Agustus lalu saya berbelanja di pasar Sukowati, masih takjub saya karena harganya yang sangat miring. Hampir tidak ada bedanya dengan harga terakhir kali saya kesana tahun 2012. Contoh: kaus/daster Bali bermotif bambu, blus sederhana, kaus Bali motif tye dye dan sarung pantai harganya Rp 15.000. Celana pendek, atasan rajutan Rp 20.000. Anak saya borong gelang dan gantungan kunci dengan harga satuan Rp 5000 - Rp 7500. Di lokasi lain harga ini bisa jadi dua kali lipat. 



Memang seru berbelanja di pasar Sukowati walaupun panas didalamnya. Hiruk pikuk suara pembeli dan pedagang, wangi menyan disana-sini adalah salah satu ciri khasnya, disamping harga barang yang miring tentunya.



Pasar Sukowati
Jl. Raya Sukowati, Batubulan
Buka pukul 08.00 -18.00 WITA


3 comments:

  1. Klo ke Bali, pasti mampir ke pasar Sukowati. Ga ketinggalan deh hehehe

    ReplyDelete
  2. Pernah sekali ke Pasar Sukowati, harus tega nih tawar-tawaran, tapi jadi bingung juga penjualnya banyak :D

    ReplyDelete

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag