Shopper Profile - Arman Tjandrawidjaja

08:14 Globe and Bag 11 Comments



Sebagian besar pasti udah kenal/tau dengan Arman Tjandrawidjaja dengan blognya yang hits banget itu http://armantjandrawidjaja.com

Udah pada tau juga kan kalau Arman dan keluarganya suka tampil matching dan keren. Saya suka banget nanyain Arman, itu janjian atau gimana sih? koq bisa barengan pake celana ijo, ungu atau warna-warna lain barengan,  hehe. Kalau liat di foto jadi seru juga ya bisa tampil bareng kayak gitu, makanya kita penasaran Arman dan keluarganya kalau belanja gimana sih. Kita langsung email Arman dan tanya-tanyain deh  tips dan pengalamannya Arman berbelanja. 

Baca jawaban-jawaban Arman asli kebayang serunya belanja di US yang bisa return jika gak cocok :) pengen dong haha.


1. Apa yang membuat kamu tertarik akan dunia shopping online? apa karena memang hobby, karena kebutuhan atau faktor ikut2an?

Gua suka sama dunia online shopping karena praktis. Gampang aja gitu kalo mau beli apa-apa tinggal klik, tanpa perlu pergi ke tokonya, nyari parkir, ngantri kasir, dll. Selain itu enaknya online shopping karena kita jadi gampang untuk banding-banding harganya. Banyak juga lho barang yang kalo belinya online jadi harganya miring karena toko online kan overhead cost nya kecil ya (gak perlu sewa tempat, bayar listrik, bayar banyak pegawai), jadi mereka bisa ngasih harga lebih murah biasanya.

2. ​Frekuensi belanja kamu lebih sering di OLS atau langsung ke toko?​

60:40 lah. Ada barang-barang tertentu yang emang harus dibeli langsung di toko. Bisa karenabarangnya gak tersedia online atau karena kalo pas lagi ke toko suka gatel aja kalo gak beli apa-apa. Haha. Anyway ini ngomongin barang-barang sekunder ya kayak baju atau barang elektronik. Kalo groceries sih kita 95% beli di toko/supermarket, gak beli online.

3​. Barang apa sih yang kamu beli dengan harga yang menurut kamu paling mahal. Itu pas beli online apa gak deg2an yah? maksudnya apa gak takut kalau penjualnya bakal kabur atau barang yang dipesan tidak sampai.

Paling mahal beli apa ya yang belinya online… Kayaknya sih beli TV ya. Gak deg-deg-an sih karena kita belinya di toko online yang emang terkenal jadi gak mungkin banget kalo penjualnya kabur. Kalo barangnya gak sampe ya dikomplein aja. :)

Ngomongin beli TV, itu kita belinya pas Black Friday tuh! Kalo di US kan hari Jumat setelah Thanksgiving Day dikenal sebagai Black Friday, hari Sale terbesar di US. Nah orang-orang biasanya bela-belain ngantri sampe pasang tenda di depan tokonya lho. Nah belakangan ini dengan maraknya online shopping, toko-toko besar juga ada Black Friday deal secara online. Jadi gak perlu ngantri atau sampe nginep segala, tinggal klik-klik dari rumah, beres deh. TV nya langsung dateng sendiri, gak perlu dijemput kayak Jelangkung. :P

Yang beli online lumayan mahal juga kita pernah beli laptop, bedframe, perhiasan dan kamera DSLR. Oh, sama booking hotel, beli tiket theme park sampe tiket pesawat! Mahal tuh! Lebih mahal dari TV malah! Hahaha. :D

4​. Selama sejarah kamu belanja online, ada gak barang/produk yang gak pernah kamu terima? ya semacam missing in action gitu deh. Apakah penjualnya bertanggung jawab?

Pernah. Iya penjualnya bertanggung jawab, jadi trus dikirimin lagi.

5​. Produk apa yang sering banget kamu beli, dalam setahun kira-kira berapa jumlah yang dibeli? 

Kita rutin beli madu Manuka secara online. Trus beli buku-buku bacaan buat anak-anak juga hampir selalu belinya online. Beli baju dan sepatu anak juga most of the time beli online. Beli kado, beli mainan, beli CD, beli DVD, apa lagi ya… Banyak banget dah yang kita beli online. Sampe school supplies juga kita beli online. Jumlahnya dalam setahun gak tau deh berapa. Hahaha.

Asli kita sekarang udah hampir gak pernah ke mall lagi. Inget-inget dulu pas masih tinggal di Jakarta tuh tiap weekend pasti ke mall. Sekarang kita udah gak lagi. Apa-apa belinya online. Jadi pas weekend kita bisa do something else. 

​6​. Metode pembayaran apa yang paling sering kamu pakai jika shopping online? Transfer secara manual melalui ATM kah? Credit Card kah? Paypal? Debet? 

Most of the time pake credit card. Cuma kalo beli barang di Ebay aja yang pake Paypal.

​7​. Sosial media apakah yang paling sering kamu gunakan dalam shopping online? yang menurut kamu mudah dalam penggunaan transaksinya.

Hampir gak pernah beli online dari social media. Pernah beberapa kali aja belanja online dari Facebook.

8. Ada gak nih barang yang dijual di suatu akun shopping online di sosial media yang sampai sekarang belum bisa kamu dapat karena sold out terus?

Gak ada.

Kalo beli online di website toko (bukan social media) kalo barangnya udah out of season ya emang sold out dan biasanya gak diproduksi lagi, jadi ya gak perlu ditungguin juga. Udah nasib kalo emang sold out. Haha. :P



9. ​Berapa tenggang waktu yang kamu berikan jika belanja OLS? contohnya kalau belanja di Asos butuh waktu sekitar 1 bulan sementara belanja di IG bisa cuman 2-3 hari.

Kalo belinya local biasanya berkisar antara same day shipping sampe semingguan lah. Kadang sih kalo beli barangnya yang dikirim dari China atau HongKong emang bisa sampe 2-3 minggu. Tapi jarang kita beli yang pengirimannya jauh banget gitu.

10. Boleh di share gak online shopping favorit kamu apa? dan mengapa kamu suka sekali belanja online disitu? sebutkan juga apa produk favorit yang sering kamu beli dari situ.

Amazon.com is definitely our favorite! Kita punya Amazon Prime jadi seringnya bisa dapet shipping
yang cepet dan free. 

Kayak kemaren ini kita ada wedding party hari Sabtu dan baru nyadar pas hari Senin kalo sepatu gua udah ada tanda-tanda mau rusak. Mau pergi beli ke mall udah gak keburu. Jadi langsung cari di Amazon, transaksi dari Selasa, hari Kamis sepatunya udah nyampe. Karena takut sizenya gak pas karena gak bisa dicoba, gua beli 2 size. Setelah gua coba di rumah, yang satu tinggal gua masukin kardus lagi, print return label nya trus tinggal ditinggalin di tempat drop off deket rumah. Simple dan praktis. 

Produk favorit di Amazon? Wah Amazon mah segala ada dah. Hehehe.

Disneystore.com juga kita suka banget sama service nya. Royal banget dah. Kalo kita gak puas sama barangnya, dia bakal kirimin gantinya tanpa kita kudu balikin barang kita. Jadi dapet 2! Haha. Yah kita juga gak trus kesempatan dalam kesempitan ya. Kalo emang ada masalah aja baru kita komplein, gak trus nipu-nipu kompleinnya kok… :P

Kita juga sering beli online dari Target, ToysRUs, H&M, Forever21, The Children’s Place, Gap, Old Navy, Crazy8, Gymboree, Macy’s. Semuanya service nya memuaskan, so far.

Oh ya, cerita tentang H&M online nih ya. Karena kita belinya online jadi mereka ada record nya kan kita beli apaan. Pernah kita beli rok buat Emma yang ada ban pinggangnya. Ternyata ban pinggang nya itu di-recall.  Jadi kita dikirimin surat nyuruh kita telpon ke hotline nya untuk proses recall nya.
Kita tinggal tentuin waktu trus pada tanggal dan jam yang udah disepakati ada orang yang dateng ke rumah kita buat ngambil ban pinggangnya itu, trus abis itu kita dikirimin gift card senilai $20 sebagai tanda terima kasih. Padahal rok nya harganya bahkan gak nyampe $10 lho, lagian rok nya gak dibalikin jadi tetep bisa dipake. Ok banget kan customer service nya? Coba kalo kita belinya gak online tapi langsung di toko nya, mereka gak mungkin punya record kita trus ngirimin informasi tentang recall ini kan? :D

11. Sebutkan juga dong online shopping yang sama sekali tidak kamu rekomendasikan dan mengapa?

Online shopping di Facebook yang milik perorangan dan kita gak kenal. Kita paling gak berani sebenernya kalo beli di OLS yang bukan milik perusahaan, kecuali kalo yang punya itu emang kita kenal ya. Kita pernah sekali beli baju di OLS orang yang kita gak kenal. Eh dikirimnya salah dong,
beda ama yang kita pesen! Setelah dikomplen, ribet pula, masa kita kudu ngirim balik ke dia? Lha dia yang salah kok malah bikin kita yang ribet… :P Akhirnya kita gak mau, kita bilang kalo dia emang mau barangnya dibalikin ya dia aja yang ambil balik (waktu itu kita minta dikirim ke rumah ortu di Indo).

12. Siapakah sosok artis, famous blogger, celeb, yang kamu suka banget dan sangat memberi inspirasi, yang kadang tanpa sengaja suka bikin ngiler dengan produk2 yang dipakai oleh ybs. Apakah ​testimoni dari mereka mempengaruhi kamu untuk belanja online?

Wah maap ya, kita mah trendsetter, bukan trend-follower. :P Jadi kita gak pernah ngeliatin atau jadi ngiler sama produk-produk yang dipake sama artis/blogger/celeb. Testimoni mereka gak pernah ngaruh buat kita.

Tapi, kalo beli online emang biasanya kita baca review orang dulu. Ini bagusnya orang-orang yang suka dengan baik hatinya mereview barang yang mereka beli. Jadi biasanya kalo kita beli barang di
Amazon atau toko-toko online yang gua sebut di atas, biasa ada review dari orang-orang yang udah
beli duluan. Dari situ kita bisa tau kira-kira barangnya emang ok atau gak.



​13. Boleh dong tau jika ada kesempatan kamu traveling ke luar negeri, kalau bisa memilih pengen belanja di negara apa?


Hmm gak tau juga ya. Gua gak brand minded sih jadi lebih suka kalo bisa dapetin barang-barang
yang unik. Mungkin lebih kayak belanja di Bangkok gitu kali ya. Inget-inget dulu pas ke Bangkok
banyak nemu barang-barang unik dengan harga murah. Puas rasanya kalo belanja barang bagus dan
harganya murah itu. Hahaha.


Arman, thanks ya untuk jawaban-jawabannya yang bikin kita tambah pengen belanja ke Amazon :). Salam untuk keluarga.

Xoxo
Globe&bag
Life's short, go traveling and shopping



Dengan ini saya memberikan ijin untuk menggunakan data survey dan photo untuk Globe and Bag Website.


11 comments:

  1. Jawaban soal trendsetternya keren. Hahahhaa.

    ReplyDelete
  2. Thanks for having me here! :)

    ReplyDelete
  3. Makin penasaran sama Amazon nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo Den, belanja di Amazon :).
      Aku juga lumayan suka sih belanja disini trus dikirim ke ortunya si Matt. Trus mereka kirim ke Medan haha.

      Delete
  4. Pernah belanja di Amazon tp numpang kirim nya ke alamat sepupu hehehe.. Wahh jd pengen shopping lagiiii *ups*

    ReplyDelete
  5. kalo blanja ke amazon trus ga ada alamat di luar negeri, shipping fee-nya gede bangetkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pipit, maaf saya kepo :)..ikut2 ngejawab..tapi ini based from personal experience, shipping fee sih nga terlalu gede ya. Masih masuk akal menurutku. Yang sebel, dah beberapa kali stuck di custom. Tapi ini ntah tergantung product atau gimana. Kalau buku, memang sering bermasalah di custom kayaknya.

      Delete
  6. Jadi super kangen belanja2 buku di amazon.com, and as matter of fact, everything else. Jadi inget borong 8 pairs of shoes/boots di ALDO.com, trus yang gak pas bisa balikin ke nearest store. Mana sale nya suka asik2 lagi. Basic T's from Gap or BR online. Or, Jcrew....huhu. Tapi yang paling kangen adalah buku.

    ReplyDelete
  7. Saya baca tiga profile semua sebut Amazon. Jadi penasaran rasanya belanja di sana.

    Makasih sharingnya ya. Salam kenal

    ReplyDelete

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag