Shopper Profile - Rika Melissa

15:00 Globe and Bag 12 Comments


Awal mulai saya kenal Rika dari blognya yang kocak banget. Setiap kali baca pasti senyum-senyum sendiri. Rika  dan suami memiliki 2 putra dan saat ini mereka tinggal di Finlandia. 

Sewaktu saya dan Febby membuat rencana untuk globeandbag.com kami sudah sepakat untuk memasukkan Rika dalam list shopper profile. Saya masih ingat banget Rika menuliskan pengalamannya membeli coat yang nyaman untuk digunakan selama winter lewat online shopping. Pas untuk website ini yang bakalan menceritakan tentang shopping dan traveling. Oya, Rika juga sering traveling. Kalau ingin tau cerita lengkap Rika tentang pengalamannya berbelanja,  cek langsung interview kami lewat email ya :

NAMA : RIKA MELISSA

1. Apa yang membuat kamu tertarik akan dunia shopping online? apa karena memang hobby, karena kebutuhan atau faktor ikut2an?

Pastinya sih tertarik karena kemudahannya. Bisa dilakukan dari rumah, dari tempat tidur ataupun dari mana saja. Window shopping juga jadi lebih gampang karena dengan online shopping bisa sekaligus melihat berbagai pilihan barang dan harga dari banyak tempat tanpa harus pindah dari satu toko ke toko lain. Dan online shopping juga memungkinkan saya untuk membeli barang dari toko di luar kota ataupun luar negri. Kalau saya memerlukan produk yang susah atau tidak dapat ditemui di Finlandia - misalnya produk skincare dari Jepang ataupun Korea – saya tinggal buka internet saja mencari online shop yang punya jasa pengiriman internasional.

​2. Frekuensi belanja kamu lebih sering di OLS atau langsung ke toko?

Wah, saya sendiri gak yakin nih. Sepertinya sama sih ya. Soalnya saya suka dua-duanya. Terutama untuk soal baju-bajuan dan sepatu saya masih lebih suka beli langsung dari toko walaupun lumayan sering juga impulsif beli secara online. ​

​3​. Barang apa sih yang kamu beli dengan harga yang menurut kamu paling mahal. Itu pas beli online apa gak deg2an yah? maksudnya apa gak takut kalau penjualnya bakal kabur atau barang yang dipesan tidak sampai.

Seinget saya online shopping yang termahal yang pernah saya lakukan adalah membeli double stroller  dari sebuah online shop di Jerman. Harga barang yang sama di Finlandia lebih mahal 120 euro jadi waktu itu saya putuskan untuk membeli barangnya dari negara lain secara online. Deg-degan barangnya hilang ataupun penjualnya kabur sih gak, ya, karena belinya dari toko besar yang punya reputasi baik. Dan sebelum membeli tentunya saya baca dulu review-review customer tentang toko tersebut. Tapi sempat bermasalah juga sih sama toko tersebut. Waktu membelinya saya gak mengecek dulu berapa lama barang akan diantarkan sementara waktu itu sudah dekat sekali dengan due-date anak kedua lahir. Setelah terbeli saya baru tau kalau pengiriman internasional mereka makan waktu  6 minggu. Ugh, menyesal sekali beli dari toko itu karena kalau beli dari online shop di UK umumnya cuma makan waktu satu-dua minggu.

Ketika akhirnya barang sampai ternyata ada yang rusak dengan rodanya. Tokonya sih bersedia mengganti tapi masa pengirimannya memakan waktu 2 minggu lagi. Kesel setengah mati rasanya. Saya kan punya dua bayi yang butuh dibawa jalan-jalan ke luar. Jadinya waktu itu saya terperangkap di dalam rumah karena belum punya double stroller. Sejak saat itu agak kapok sih online shopping untuk barang-barang yang cenderung butuh after service. Apalagi kalau online shoppingnya dari luar negri.


​4​. Selama sejarah kamu belanja online, ada gak barang/produk yang gak pernah kamu terima? ya semacam missing in action gitu deh. 
Apakah penjualnya bertanggung jawab?

Pernah beberapa kali, terutama kalau belanja lewat ebay. Yang pertama banget kejadian waktu di Jerman beli barang seharga 100 euro dari ebay. Trus saya minta barangnya dikirim dengan pos biasa (tidak tercatat) karena selama di Jerman gak pernah bermasalah sama pos, gak pernah kejadian barang tidak sampai. Ternyata toh barang yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang sementara penjualnya ngotot kalau barangnya sudah dikirimkan. Karena waktu itu belinya gak via paypal jadinya, ya, gak ada perlindungan uang kembali. Saya sendiri juga malas (takut tepatnya) mau open dispute sama penjualnya jadi direlakan saja deh uang yang melayang walaupun gondok setengah mati.

Setelah itu saya selalu belanja di ebay via paypal. Ada beberapa kali lagi kejadian barang tidak sampai tapi untungnya selalu terima uang kembali dari paypal. Sekarang juga sudah banyak sekali online shop internatisional yang bekerja sama dengan paypal. Online shopping terasa lebih aman.

Oh ya, pernah juga belanja lewat amazon.com ketika suami sedang bistrip ke Amerika Serikat tapi si suami lantas lupa mengambil barangnya dari reception hotel. Ternyata amazon tetap memberikan saya full refund. Sampai terharu sama amazon.

​5​. Produk apa yang sering banget kamu beli, dalam setahun kira-kira berapa jumlah yang dibeli? 

Sepertinya sih yang paling banyak dibeli seputar bebajuan baik untuk pribadi ataupun untuk anak-anak. Setiap bulan pasti adalah minimal satu atau dua yang terbeli. Selain itu sepertinya saya juga lumayan banyak belanja produk skincare abisnya suka kabitaan kalau membaca review yang bombastis. Tidak setiap bulan sih belinya, mungkin tiap dua bulan tapi kadang sekali beli langsung beberapa item.

​6​. Metode pembayaran apa yang paling sering kamu pakai jika shopping online? Transfer secara manual melalui ATM kah? Credit Card kah? Paypal? Debet? 

Pastinya paling suka membayar lewat paypal yang terhubungkan dengan kartu debit saya, tinggal login ke paypal terus bayar. Cepat dan mudah karena tidak perlu memasukkan data apa pun lagi. Selain itu belanjanya juga lebih yakin karena ada proteksi uang kembali.


Paling suka kedua membayar dengan kartu kredit atau kartu debit jika tokonya tidak bekerja sama dengan paypal. Kalau harus bayar lewat ATM, haduuuuh...malasnya. Malah akhirnya gak jadi beli.

​7​. Sosial media apakah yang paling sering kamu gunakan dalam shopping online? yang menurut kamu mudah dalam penggunaan transaksinya.

Kebetulan saya belum pernah nih online shopping di sosmed soalnya di Finlandia belum semarak akun sosmed dijadikan wadah jual beli. Ada sih follow beberapa online shop di Instagram tapi belum pernah beli apapun. Tapi adik saya di Indonesia rajin sekali belanja dari mbak sis – mbak sis instagram, dan kadang dia membelikan beberapa barang untuk saya.

​8. Ada gak nih barang yang dijual di suatu akun shopping online di sosial media yang sampai sekarang belum bisa kamu dapat karena sold out terus?

Karena belum pernah online shopping di sosmed jadinya belum pernah mengalami kejadian seperti ini.


​9. ​Berapa tenggang waktu yang kamu berikan jika belanja OLS? contohnya kalau belanja di Asos butuh waktu sekitar 1 bulan sementara belanja di IG bisa cuman 2-3 hari.

Tergantung dari mana barangnya dikirimkan. Kalau dari toko lokal biasanya tenggat waktu saya dua minggu. Kalau dari luar negri, terutama kalau saya beli dari online shop yang base-nya di Cina, saya tunggu sampai sebulan sebelum bikin laporan barang belum diterima.



​10. Boleh di share gak online shopping favorit kamu apa? dan mengapa kamu suka sekali belanja online disitu? sebutkan juga apa produk favorit yang sering kamu beli dari situ.

Wah, ada lumayan banyak nih. Beberapa di antaranya:

Amazon – saya pernah beli barang dari amazon US, UK, Jerman, Perancis dan Italia. Suka banget belanja di amazon karena sangat terpercaya. Barang selalu sampai dalam kondisi baik. Return policynya bagus (saya pernah beli boots dari UK tapi ternyata pas udah sampai saya malah gak suka. Saya kirim balik ke UK lewat pos yang memakan biaya 40euro dan dalam dua minggu uang saya diganti penuh plus ongkos kirim barang ke UK juga diganti). Di amazon segala macam barang ada. Saya sering beli elektronik di sini karena harganya lebih murah daripada di Finlandia. Pernah juga beli sepatu, skincare, lipstik, panci, sampai beli lem juga pernah.

Feelunique.com – untuk beli skincare, shampoo dan kosmetik. Harganya bersaing, free delivery ke Finlandia dan sering banyak promosi. Bulan lalu saya membeli lipstik bourjois yang lagi ngehitz abis itu ketika ada promo Buy2get3.

Bookdepository.com – jika ingin membeli buku berbahasa inggris. Harganya lebih murah, pilihan lebih banyak daripada di Finlandia dan tentunya free delivery.

BonjourHK.com, Cosme-de.com – tempat saya membeli skincare jepang seperti SKII dan Kose. Harganya jauh lebih murah daripada harga di gerai resmi, barang-barangnya autentik, pengirimannya cepat (sekitar satu minggu ke Finlandia) dan yang paling saya suka mereka devalue nominal transaksi ketika melaporkan ke pos. Misalnya begini; jumlah transaksi saya yang sebenarnya adalah 60 euro, tapi di catatan posnya mereka menulis kalau harga barang yang saya beli tersebut hanya 10-20 euro jadinya saya tidak harus membayar pajak import di bea cukai Finlandia. Di Finlandia sini kita harus membayar pajak import sebesar minimal 24% dari harga barang jika barang tersebut dibeli dari luar negri (non EU countries) dengan jumlah transaksi lebih dari 40euro.

Ibuybeauti.com, roseroseshop.com, beautynetkorea – tempat saya membeli skincare korea dari merk-merk seperti Laneige, skinfood, dll

Aliexpress.com dan yesstyle.com – dua ini bikin mata saya jereng saking seringnya browsing berbagai macam  baju lucu-lucu di sana. Baju-baju dengan korean style. Di Aliexpress banyak juga saya temui bajakannya baju-baju Zada dan Mango dengan harga yang lebih murah.

Sudah beberapa kali saya belanja di Aliexpress dan hasilnya 50:50. Setengahnya puas, setengahnya gagal (misalnya: ternyata ukurannya gak pas atau bahannya kurang enak dipakai) Tapi saya gak kapok, masih tetap mau beli baju dari aliexpress.

Saya juga baru saja membayar order dua potong sweater dari Yesstyle. Ini pengalaman pertama saya online shopping di sana dan masih deg-degan menunggu barangnya datang. Secara umum harga barang di Yesstyle lebih mahal daripada Aliexpress tapi katanya, sih, kualitasnya juga lebih baik.

Mangooutlet.com – kalau ingin membeli fashion item dari merk MANGO dengan harga sangat miring atau mencari barang-barang yang sudah off-season.

Zalando.com dan zalando-lounge.com – ini seperti Asos tapi karena punya base di Finlandia saya lebih suka berbelanja di sini supaya urusan return dan refund-nya lebih gampang. Zalando juga sering bikin promosi dan diskon. Saya suka membeli sepatu merk Vagabond dari Zalando karena sering sekali didiskon. Padahal di gerainya jarang sekali sepatunya turun harga.

Ebay – sekarang ini saya hanya menggunakan ebay untuk membeli barang-barang printilan murah meriah (biasanya dari Cina) seperti laundry net, peniti jilbab, mobile phone case sampai kabel panjang untuk charge telepon.

​11. Sebutkan juga dong online shopping yang sama sekali tidak kamu rekomendasikan dan mengapa?

Sepertinya gak ada, ya. Selama ini pengalaman online shopping saya baik-baik saja kecuali yang tadi sudah saya sebutkan di atas.


12. Siapakah sosok artis, famous blogger, celeb, yang kamu suka banget dan sangat memberi inspirasi, yang kadang tanpa sengaja suka bikin ngiler dengan produk2 yang dipakai oleh ybs. Apakah ​testimoni dari mereka mempengaruhi kamu untuk belanja online?

Ini juga sepertinya gak ada. Suka sih baca review-review produk (terutama untuk skincare dan home appliance) tapi reviewnya  saya baca dari berbagai macam sumber, gak berpatokan review beberapa orang tertentu.

Ada sih kejadian ngiler sama suatu produk yang dipakai sama seorang blogger atau selebgram tapi ini random sekali, gak dari satu orang khusus.

​13. Boleh dong tau jika ada kesempatan kamu traveling ke luar negeri, kalau bisa memilih pengen belanja di negara apa?

Amerika dong. Amerika Serikat, surganya belanja. Hampir segala macam barang sepertinya lebih murah di sana ketimbang di Eropa sini. Dan pilihan produknya juga luar biasa banyak. Sayang aja di AS sistem voltasenya berbeda, kalo gak, saya pasti sudah membeli berbagai barang elektronik dari sana.

Selain itu saya ingin juga berbelanja di Jepang dan Korea untuk membeli skincare, baju yang kiyut-kiyut dan  topi. Saya suka sekali sama topi dan orang Jepang/Korea topinya lucu-lucu sekali.




12 comments:

  1. Wah kereen. Makasih yaaa. Jadi dapet referensi olshol dan tahu ceritanya ambak Rika. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga jadi tambah suka belanja ya Dan hehe

      Delete
  2. Dulu aku jg suka banget pk topi, tp kesini nya malah jarang pk topi hehehe.. Makasih info onlineshop nya yah Rik, siapa tau bsk2 belanja disalah satunya hehehe

    ReplyDelete
  3. seru yaa jadi tahu alamat-alamat OL shop. Bisa dicatat dan disimpen yang sesuai minat. Kapan-kapan bisa digunakan kalo pas lagi butuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen belanja gak sih Den? kita berdua jadi lapar mata trus

      Delete
  4. Makasih banget untuk Noni dan Febi yang udah masukin profileku di sini. Senaaaaang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga Rika :)
      Seneng baca email dari kamu hehe

      Delete
  5. rose shop bisa via mandiri debit ga ya mba rika? soalnya kredit card blm ada,dan baru ada mandiri dan bca, mandiri sih ada logo visanya...

    ReplyDelete

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag