The Jim Thompson House Museum in Bangkok, Thailand

09:40 Globe and Bag 0 Comments

Jim Thomson Museum on globeandbag

Untuk saya Bangkok itu gak pernah ada matinya sama kayak pergi ke Bali. Selalu ada tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Ada banyak toko, banyak sekali kuil dan stupa, banyak sekali tempat-tempat seru dan terutama ada banyak sekali kain sutera yang bisa kita lihat.

Kali ini tujuan saya ke Bangkok adalah mengunjungi Museum Jim Thomson.  Jim Thomson adalah seorang pengusaha sutera di Bangkok. Pria berkebangsaan Amerika ini tinggal lama sekali di Bangkok. Rumah tinggalnya lah sekarang yang dijadikan museum sutera. 


Awalnya Jim adalah relawan tentara Amerika Serika pada Perang Dunia II, dan pada saat ditugaskan ke Thailand, langsung jatuh cinta dengan negeri ini. Setelah keluar dari U.S. Army, dia memutuskan untuk kembali dan tinggal di Thailand.


Jim adalah pioner pengusaha Sutera Thailand pada masa itu. Sutera Thailand kebetulan belum mendapatkan perhatian penuh dari dunia fashion. Jim memperkenalkan dan mempopulerkan sutera Thailand di seluruh dunia. Saat ini jangan ditanya betapa terkenalnya sutera dari Thailand.

Jim memiliki pendidikan Arsitektur dan kita bisa melihat betapa nyamannya rumah panggung dari kayu yang dibangunnya di Bangkok. Di rumah ini juga banyak sekali barang-barang antik dan seni yang didapatnya Jim dari berburu di pasar-pasar antik, pemberian teman-temannya yang mengetahui hobby Jim dan tentu saja dari masyarakat Thailand sendiri.

Beberapa barang-barang tersebut sudah dalam keadaan rusak karena sebagian didapatkan JIm dari masyarakat Thailand yang kebetulan mempercayai bahwa tidak bagus menyimpan barang rusak di rumah. Akhirnya mereka memberikan kepada JIm karena tahu Jim suka sekali mengumpulkan barang-barang antik.

Setelah Jim hilang di Cameron Island Malaysia dan tidak ditemukan sampai saat ini, pemerintah Thailand akhirnya membuka rumahnya sebagai museum. Di dalam rumah ini sendiri sekarang berdiri cafe kecil dan sebuah toko sutera. Toko sutera Jim Thomson juga bisa ditemukan di airport.

Untuk anda yang menyukai arsitektur, barang-barang antik, sutera atau hanya ingin cuci mata saya rasa Museum Jim Thomson harus dimasukkan ke dalam list perjalanan anda di Bangkok.



Jim Thompson House Museum

Jam Buka: 09.00–17.00 (setiap hari)
Tiket Masuk: 100 baht
Alamat: 6 Soi Kasemsan 2, Rama I Road, Bangkok
Telpon: +66 2 216 7368
Website: jimthompsonhouse.com

jim Thomson Museum Bangkok




0 comments:

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag