Shopper Profile - Permai Sari Molyana Yusuf (Melly)

07:00 Globe and Bag 1 Comments


Melly lebih kita kenal sebagai wanita dan ibu yang suka sekali memasak. Foto-foto makanan dan resep-resepnya sukses membuat kita ngiler. Melly yang saat ini tidak tinggal di INdonesia ternyata menyukai juga online shopping. Sama dong kayak kita hehe.

Jadi penasaran kalau di luar gimana sih caranya berbelanja online, apakah lewat Instagram atau langsung ke website. Yuk simak langsung hasil wawancara kami lewat email dengan Melly :)

NAMA : Permai Sari Molyana Yusuf (Melly)

BLOG : www.mellyloveskitchen.com

1. Apa yang membuat kamu tertarik akan dunia shopping online? apa karena memang hobby, karena kebutuhan atau faktor ikut2an?

Lebih praktis kali ya... praktis milih, praktis bayar dan ga mesti angkut angkut sendiri karena mereka akan antar sampe depan pintu :)

Selain itu, membandingkan harga barang yang sama di toko yang berbeda jadi lebih nyaman karena
dilakukan di rumah tinggal klik sana sini aja tanpa harus keliling keliling banyak toko. Dan satu lagi,
barang yang dijual online, biasanya jauh lebih murah dibandingkan harga yang ada di toko. Makin
asyik, kan ?? ;)

​2. Frekuensi belanja kamu lebih sering di OLS atau langsung ke toko?

Fifty-fifty sih… kadang ada beberapa item yang kayanya ga afdol untuk ga pegang pegang dan
nyobain sebelum dibeli. Ada juga beberapa kebutuhan yang sudah tau spesifikasinya dan lebih praktis kayanya kalau diantar sampe depan pintu rumah. Jadi ga perlu menghadapi cuaca yang bisa jadi saat itu kurang bersahabat di luar sana.

​3​. Barang apa sih yang kamu beli dengan harga yang menurut kamu paling mahal. Itu pas beli online apa gak deg2an yah? maksudnya apa gak takut kalau penjualnya bakal kabur atau barang yang dipesan tidak sampai.

Hmmm......pernah beli freezer,  selain lumayan harganya, beratnya juga banget hihihihi.... Alasan utamanya beli melalaui online, karena kita ga mau repot urusan angkat dan ga harus keluar kocek lagi untuk biaya antar. Jadi bisa lebih hemat juga kan?

Deg degan takut penjualnya kabur atau barang nggak sampai sih nggak ya, karena kita beli di Amazon dan sudah faham kredibilitasnya, apalagi sistemnya juga jelas dan jika ada yang ga cocok bisa dikembalikan/ ditukar dan uang pun cepat kembali ke rekening.

​4​. Selama sejarah kamu belanja online, ada gak barang/produk yang gak pernah kamu terima? ya semacam missing in action gitu deh. Apakah penjualnya bertanggung jawab?

Beberapa kali pernah tuh, di ebay bagian barang second hand, saat itu kita lagi asyik aja beli dengan cara lelang gitu, deskripsi yang ditulis kayanya terlalu lebay dan barang yang dikirim sepertinya rekondisi, tapi ya itu karena memang tertulis di awal, barang yang dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan, mau gimana komplain dengan websitenya ya tetep aja si penjual ngeyel saat dikonfirmasi dan kasih kita janji - janji atau alas an sedang di luar kota urusan bisnis lah dsb, alhasil ya sudah deh ga lagi lagi beli second hand via online. Kalo mau second hand mendingan yang bisa di cek langsung atau OCD, jadi lebih aman ;)

​5​. Produk apa yang sering banget kamu beli, dalam setahun kira-kira berapa jumlah yang dibeli?

Yang paling banyak ya? Hmmmm..... kayaknya groceries ya, kalo ini kan udah pasti karena konsumsi setiap hari. Kedua, sepertinya pakaian, apalagi pakaian anak anak, bisa jadi karena 4 musim, terkadang baju musim dingin tahun ini udah ga muat lagi untuk dipakai tahun depan begitu juga baju musim panas, jadi ya mau ga mau kudu beli deh :)

Kalo aku sendiri yang nggak nahan beli buku dan alat dapur, terutama kalo lagi musim christmas sale,  kortingannya lumayan. Walaupun aku cukup bijaksana dalam belanja, liat sale yang menggiurkan untuk barang yang dibuat „butuh“ , jadi pikir pikir juga untuk dibeli :D

​6​. Metode pembayaran apa yang paling sering kamu pakai jika shopping online? Transfer secara manual melalui ATM kah? Credit Card kah? Paypal? Debet?

Paling sering dilakukan dan menurut kita paling mudah ya membayar via Paypal baru kemudian Internet Banking Transfer. Manual via Atm udah jarang banget dilakukan karena ga efektif waktu dan ga praktis. Kebetulannya juga,  kita ga mau ribet dengan Credit Card, jadi sampai saat ini masih asyik aja dengan system pembayaran yang lainnya.

​7​. Sosial media apakah yang paling sering kamu gunakan dalam shopping online? yang menurut kamu mudah dalam penggunaan transaksinya.

Pernah beberapa kali belanja melalui online shop di social media, di Facebook atau di Instagram, akun Indonesia. Transaksi yang dilakukan keduanya masih manual, melalui transfer kemudian mereka cek ricek transferan masuk baru kemudian barang dikirim. Kebetulan akun online shopnya memang sudah kenal jadi tau kredibilitas pemiliknya, jadi selama ini cukup aman dan tingkat kemudahannya sama baik di IG maupun di Fb.

​8. Ada gak nih barang yang dijual di suatu akun shopping online di sosial media yang sampai sekarang belum bisa kamu dapat karena sold out terus?

Ga ada sih, karena memang biasanya mereka akan tulis sold out kalau stocknya sudah habis, jadi aku
otomatis ga masukin ke list belanjaan. Dan tipikalnya aku bukan yang suka sekali kemudian memburu satu jenis barang tersebut. Jadi kalau memang sudah tidak ada, siap cari yang lainnya hehehehe

​9. ​Berapa tenggang waktu yang kamu berikan jika belanja OLS? contohnya kalau belanja di Asos butuh waktu sekitar 1 bulan sementara belanja di IG bisa cuman 2-3 hari.

Tergantung dimana lokasi penjual barang tersebut ya. Kalau dari lokal Jerman saja 1-2 Minggu cukup, tapi kalau dari Indonesia bisa 1-3 bulan tergantung jenis pengiriman.



​10. Boleh di share gak online shopping favorit kamu apa? dan mengapa kamu suka sekali belanja online disitu? sebutkan juga apa produk favorit yang sering kamu beli dari situ.

Amazon – Rekomen banget deh belanja disini, return policy nya juga jelas dan ga ribet. Pernah juga
belanja keperluan anak sekolah disini, barang yang kami order ternyata cukup lama baru ada. Mereka akan kasih info melalui email secara kontinyu mengenai barang tersebut apalagi ketika ternyata jadwal pengiriman jadi maju bahkan sampai nama penerima paket, mereka akan kirimkan infonya
mengenai email. Jadi kita tahu persis, misalnya sedang tidak ada di rumah,siapa nama tetangga yang
menerima paket kita dari Amazon. Engerlhorn.de – untuk beli beberapa item yang berhubungan sama sport. Karena emang tokonya ada di kota kami, jadi ya daripada ke tokonya bisa belanja juga disini.

Bookdepository.com – Buku berbahasa Inggris agak sulit ditemukan di toko buku di tempat kami tinggal, jadi untuk buku internasional belanjanya disini atau bisa juga cek Amazon buat perbandingan harga.

Ebay – melalui ebay, biasanya kami mencari barang printilan kecil seperti jarum, peniti, batterai, dsb. Atau missal membutuhkan barang second hand dan maunya COD, kita pilih ebay kleinanzeigen, Ebay dengan jangkauan area hanya tempat tinggal kami, sehingga barangnya pun bisa dilihat dan dicek dulu sebelum membeli.

​11. Sebutkan juga dong online shopping yang sama sekali tidak kamu rekomendasikan dan mengapa?

Kayaknya ga ada, tapi memang setiap online shop memiliki kelebihan dan kekurangannya masing
masing.

12. Siapakah sosok artis, famous blogger, celeb, yang kamu suka banget dan sangat memberi inspirasi, yang kadang tanpa sengaja suka bikin ngiler dengan produk2 yang dipakai oleh ybs. Apakah ​testimoni dari mereka mempengaruhi kamu untuk belanja online?

Karena aku ga terlalu nge fans sama sosok tertentu yang terkenal jadi ga terlalu memberi inspirasi juga. Biasanya aku baca baca review orang orang yang sudah memakai barang tersebut yang sifatnya bukan endorsement ya. Tapi karena mereka memang menggunakan dan membelinya.



​13. Boleh dong tau jika ada kesempatan kamu traveling ke luar negeri, kalau bisa memilih pengen belanja di negara apa?

Jepang dan Korea, 2 negara Asia yang pengen dikunjungin dan belanja pernak pernik lucunya, yang
katanya sih murah. Asyik kan buat properti foto makanan. Atau juga fashionnya yang juga lucu lucu.
Pernah disini (Jerman), cari alat bento yang sama persis dimiliki saat di Indonesia, harganya bikin kaget, ditambah shippingnya dari luar EU, jadinya ya tambah males. Soalnya kalau bukan dari negara EU, kita bakal diminta untuk datang menjemput paket ke bagian bea cukai dan tentunya banyak pertanyaan seputar isi paket dan dibongkar segala di tempat. Jadi kesannya kok riweh :)



Dengan ini saya memberikan ijin untuk menggunakan data survey dan photo untuk Globe and Bag Website.

1 comment:

  1. Jadi tahu nih Melly kalau online shopping dimana aja :D

    ReplyDelete

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag