Tambak Garam Pantai Kusamba, Bali

07:00 Globe and Bag 0 Comments



Pasir hitam yang membatasi batas bibir pantai Kusamba terlihat berbeda dengan pantai Bali lainnya yang kerap berwarna coklat keemasan. Para penduduknya mayoritas beragama Islam dan memiliki mata pencaharian berupa nelayan dan pembuat garam laut. 
Pantai Kusamba namanya memang tak seterkenal pantai Kuta, namun pantai yang satu inipun tak kalah menariknya untuk dikunjungi. 

Pantai Kusamba terletak di kabupaten Klungkung, sekitar satu setengah jam berkendara dari Denpasar. Pembuatan garam yang dilakukan secara turun menurun membuat saya penasaran ingin berkunjung kesana, pembuatannya pun masih sangat manual, mengandalkan terik sinar matahari .



Air garam yang diambil dan digotong langsung dari laut pada awal proses pembuatannya diletakkan di dalam batang-batang pohon  yang telah dipotong menjadi 2 bagian, lalu dibiarkan sampai menjadi kristal. Air laut yang mengkristal itu pun kemudian dihamparkan di ladang rata dan kembali disiram air laut lalu kemudian dibiarkan menjadi kristal yang mengeras dengan bantuan panas alami sinar matahari. 



Usaha pembuatan tambak garam ini tidak mudah, perlahan jumlah kepala keluarga yang mengelola tambak garam ini berkurang, hanya 25 kepala keluarga yang sekarang masih aktif, hal ini disebabkan harga garam yang dijual sangat murah per kilo nya, tidak sebanding dengan usaha dan modal pembuatannya. 
Untungnya sekarang banyak restoran dan hotel di Bali yang membeli langsung garam laut kepada pembuatnya di Kusamba.

0 comments:

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag