Shopper Profile : Tanjung Retno Wigati

07:00 Globe and Bag 0 Comments


Retno saat ini tinggal di Belanda untuk melanjutkan pendidikannya. Ternyata jauh dari Indonesia hobby belanja cewek cantik berambut panjang ini tidak berhenti juga. Kalau dipikir-pikir tinggal di negara 4 musim sebenarnya malah jadi punya banyak sekali alasan untuk belanja ya.


NAMA : Tanjung Retno Wigati

BLOG : tanjungretno.tumblr.com

1. Apa yang membuat kamu tertarik akan dunia shopping online? apa karena memang hobby, karena kebutuhan atau faktor ikut2an?

Kayaknya lebih ke hobby ya.. soalnya suka shopping online dari SMA! Dari masih jaman multiply hahaha!

​2. Frekuensi belanja kamu lebih sering di OLS atau langsung ke toko?​

Dulu lebih sering OLS. Sampai-sampai pacar komentar “kamu ini diem-diem keliatannya hemat kalo pergi ga pernah belanja ternyata di rumah paketan datang banyak banget” hahahaha. Tapi sejak tinggal di Amsterdam, lebih sering ke toko langsung! Ayo dong, Amsterdam gitu semuanya ada. Secara barang-barangnya mostly jauh lebih lengkap & murah dibandingkan Indonesia (fashion & make up yang medium-high end brand). Selain itu, ongkos kirim di sini mahal, biasanya sekitar 3-5 euro (maklum mahasiswa, pelit).

*Intermezzo yah, penjaga toko-toko di sini suka cerita tentang seleb/sosialita2 Indonesia yang sering datang ke toko mereka. Dalem hati suka mikir niaaaat banget yaaa rutin ke sini cuman buat belanja. Eh tapi kalo duit melimpah mah BEBASSS kan yaaaa.

​3​. Barang apa sih yang kamu beli dengan harga yang menurut kamu paling mahal. Itu pas beli online apa gak deg2an yah? maksudnya apa gak takut kalau penjualnya bakal kabur atau barang yang dipesan tidak sampai.

Barang paling mahal yang pernah dibeli tas. Nggak sampai puluhan juta tapi sebagai mahasiswa dengan uang saku yang nggak mewah tetep aja yaaaa deg-degan awalnya, tapi tiap mau belanja selalu cek-ricek kredibilitas online sellernya dulu. Selama ini belom pernah ketipu sih ya *jangan sampeee*

​4​. Selama sejarah kamu belanja online, ada gak barang/produk yang gak pernah kamu terima? ya semacam missing in action gitu deh. Apakah penjualnya bertanggung jawab?

Kalo bener-bener ga terima, ga pernah. Kalo hampir ga terima, Pernah! Waktu itu barang seminggu lebih nggak nyampai2 dari jadwal seharusnya, Terus tanya ke sellernya, untungnya sellernya sangat kooperatif dibantu track barangnya, ternyata kesalahan dari jasa pengiriman.

Pernah lagi barangnya sampai, tapi yang dikirim salah. Ini pengalaman di Indonesia ya, Beberapa OLS berbaik hati buat ganti ongkos kirim yang dikelarkan buat retur barangnya dan diganti barang yang bener, sebagian os nggak mau tanggung alias kita bayar ongkir lagi. Yang menurut aku aneh banget… yang salah siapa coba kan..

Oh ya pernah ada sekali si seller salah kirim waktu online shopping di sini (Amsterdam, and yaaaas sesekali masih pake OLS hahaha).Waktu aku email mereka masalah barang yang salah, mereka minta maaf dan besoknya langsung mereka kirim barang baru sesuai pesanan aku. TANPA MINTA ONGKOS KIRIM, BAHKAN TANPA MINTA BARANG YANG SALAH DIKEMBALIKAN...aku sampai bingung ini kok main dikirim aja, dan gimana ini retur barangnya yang salah. Aku email mereka lagi dong tanya gimana aku kembaliin barang yang salah ini (CIEEEE SOK mengamalkan ajaran-ajaran budi pekerti gitu deh) eh mereka jawabnya “you don’t have to send that. It was our fault, you can keep them both..”. HAAH sampe nganga dan terharu bacanya hahahaha.



 ​5​. Produk apa yang sering banget kamu beli, dalam setahun kira-kira berapa jumlah yang dibeli?

Makeup, skincare, dan baju. Kayaknya kalo setahun lebih dari 50 hahaha *sembunyi*.

​6​. Metode pembayaran apa yang paling sering kamu pakai jika shopping online? Transfer secara manual melalui ATM kah? Credit Card kah? Paypal? Debet?

Waktu di Indonesia selalu transfer secara manual. Tapi semenjak di Belanda, selalu pake iDeal, ini persis kayak kalo belanja pake kartu kredit tapi pake tabungan/mobile internet banking gitu.. semacam debet kali ya? Bingung jelasinnya soalnya gaptek hahahaha.

Sebenernya kayak transfer via mobile banking tapi kita ga perlu ribet masukin nomor rekening tujuan blablabla cuman nanti dari webshop mereka langsung nge-link ke mobile banking/internet banking & tinggal otorisasi aja pake pin mobile/internet banking. Hampir semua merchant online di sini menyediakan fasilitas pembayaran iDeal, dan orang Belanda, at least orang-orang yang saya kenal jarang yang pakai kartu kredit (entah mengapa, mungkin karena apa-apa bisa pakai iDeal?).

​7​. Sosial media apakah yang paling sering kamu gunakan dalam shopping online? yang menurut kamu mudah dalam penggunaan transaksinya.

Hmm… line/whatsaap termasuk social media nggak ya? Sering order pakai itu kalo di Indonesia. Dan ratjun paling mematikan jatuh kepada… INSTAGRAM. Hashtag ratjun. Hashtag jualLimeCrime. Hashtag JualSaldoTabunganUnlimited

8. Ada gak nih barang yang dijual di suatu akun shopping online di sosial media yang sampai sekarang belum bisa kamu dapat karena sold out terus?

Nggak ada. Aku orangnya tipe pasrah dan males berebutan. Jadi kalau nggak dapet ya udah cari yang lain gitu hihihi.

9. ​Berapa tenggang waktu yang kamu berikan jika belanja OLS? contohnya kalau belanja di Asos butuh waktu sekitar 1 bulan sementara belanja di IG bisa cuman 2-3 hari.

Kalau sellernya lokal, aku ga akan pernah nanyain kalo belum lebih dari seminggu sih. Kalo yang harus import jauh gitu udah siap kalo datangnya lama, 3 bulan juga pernah! hahaha

​10. Boleh di share gak online shopping favorit kamu apa? dan mengapa kamu suka sekali belanja online disitu? sebutkan juga apa produk favorit yang sering kamu beli dari situ.

www.belanjamimo.com : makeup skincare terlengkap dan harganya reasonable banget.

Udah suka beli semenjak di forum femaledaily dan sebelum mimo setenar sekarang. Bisa preorder juga lho, termasuk item-item fashion macam sepatu, baju, tas dll.

www.cottonink.co.id : baju-bajunya simple dan timeless banget.

www.shopatvelvet.com : sama kayak cottonink, bajunya simple, timeless tapi tetep up to

date. Dan harganya lebih murah daripada cottonink! Hihihihi

www.bobobobo.com : waaaah ini suka bikin ngiler barang-barangnya.

Dari local brand sampai brand mancanegara. Tapi karena harganya mahal-mahal (setara sama kualitasnya dan mengingat banyak desainer yang drop barang di sana, bisa dimaklumin), jadinya saya seringnya ngiler aja, belinya jarang.



​11. Sebutkan juga dong online shopping yang sama sekali tidak kamu rekomendasikan dan mengapa?

Wah nggak bisa nggak jawab nih karena selama ini nggak pernah kejadian buruk ama OLS. Heheheh.

12. Siapakah sosok artis, famous blogger, celeb, yang kamu suka banget dan sangat memberi inspirasi, yang kadang tanpa sengaja suka bikin ngiler dengan produk2 yang dipakai oleh ybs. Apakah ​testimoni ​dari mereka ​mempengaruhi kamu untuk belanja online?

ADA banget. Mbak Putricaya. Go check her instagram : intagram.com/puchh

Mbak putri ini bener-bener take skincare routine to a higher level. Kulitnya to die for. Skincare skincarenya minta dicolong.

Sama andra alodita (who doesn’t know her?) Duh nggak pernah nggak keracunan! Hahaha.

​13. ​Boleh dong tau

jika ada kesempatan kamu traveling ke luar negeri, kalau bisa memilih pengen belanja di negara apa?

US! Kayaknya semua-semua ada di US soalnya. Doain yan bisa ke sana! Nginep rumah mertua mbak noni  bisa nggak? hehehe



Dengan ini saya memberikan ijin untuk menggunakan data survey dan photo untuk Globe and Bag Website.

0 comments:

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag