Shopper Profile : SAZKIA GHAZI

07:00 Globe and Bag 0 Comments



Dunia itu kecil ketika Sazkia yang saya kenal dari dunia perbloggeran ternyata adalah kawan dari sahabat lama saya :) Ibu dari 1 putri yang cantik ini rajin menuliskan pengalamannya sebagai ibu baru, banyak sekali deh postingan nya yang sangat menginspirasi.

Pada shopper profile kali ini, Sazkia kami bajak untuk berbagi pengalamannya belanja-belanji baik itu melalui online atau offline. Yuk simak percakapan kami dengan Sazkia di bawah ini :)



* * *


NAMA : SAZKIA GHAZI

1. Apa yang membuat kamu tertarik akan dunia shopping online? apa karena memang hobby, karena kebutuhan atau faktor ikut2an?

Ini sih awalnya karena ikutan coba belanja online. Pertama kali, tuh, cobain belanja OL di Multiply. Waktu masih HOT banget, ya, MP! Ikutan PO Boots yang tokonya cuma ada di Australia. Lalu boots itu jadi andalan buat ngeMC. 
Abis gitu, beli baju Sarah Jessica Parker, second sih, karena orangnya mau pergi keluar negeri, semacam garage sale gitu. Harganya miring in very mint condition. Itu tahun 2008-an, deh. Habis gitu nggak pernah belanja OL lagi, sampai akhirnya hamil. 
Pas itu bingung mau beli clodi tapi belum banyak toko bayi yang menjualnya, even Mothercare. Padahal Cloth Diapers ini tren banget di dunia ibu-ibu demi menyelamatkan bumi dari sampah disposable diapers. Pas tahu mudahnya belanja online, ya jadi follow banyak akun OLS, haha.

​2. Frekuensi belanja kamu lebih sering di OLS atau langsung ke toko?

Hmm, saat ini 70% lebih banyak belanja langsung ke toko. Karena saya ini sebetulnya tipe yang kalau belanja harus pegang dan kalau bisa cobain barang sebelum dibeli. Nggak tau, deh, ada hubungannya apa enggak, tapi saya kan dibawah naungan Capricornus, yang mana perfeksionis gitu, ya. 
Jadi nggak mau bete karena barang yang sampai nggak sesuai ekspektasi. Tapi kalo barangnya dibawah 150ribu, ya kadang hajar order :p Kalo nggak sesuai bayangan bisa disumbangin, hehe.

​3​. Barang apa sih yang kamu beli dengan harga yang menurut kamu paling mahal. Itu pas beli online apa gak deg2an yah? maksudnya apa gak takut kalau penjualnya bakal kabur atau barang yang dipesan tidak sampai.

Kayaknya barang yang paling mahal pernah saya beli online itu tas, deh. Nggak deg-degan, karena saya kenal yang jual! Hahaha nggak seru, ya! :p

Eh, pernah juga beli jelly shoes import. Haduh, itu lumayan deg-degan, karena setelah pembayaran, akun Line-nya menghilang. Lalu barangnya sampai telat 1 minggu dari waktu yang sudah dijanjikan. Setelah itu kembali ke rasa awal “beli online kalau beneran butuh aja!”

​4​. Selama sejarah kamu belanja online, ada gak barang/produk yang gak pernah kamu terima? ya semacam missing in action gitu deh. 
Apakah penjualnya bertanggung jawab?

Alhamdulillah, belum pernah. Mungkin karena itu tadi, saya lebih suka memegang barangnya langsung sebelum beli. Jadi seringnya, udah liat-liat barang lama di OLS, ujungnya nggak jadi beli kalau tahu ada toko offlinenya hahaha.

5​. Produk apa yang sering banget kamu beli, dalam setahun kira-kira berapa jumlah yang dibeli? 

Paling sering beli buku, atasan baju muslim, lipstick sama sample skin care import :D Setahun paling 12 biji, deh. Itung aja sebulan satu kali belanja, hehe.



​6​. Metode pembayaran apa yang paling sering kamu pakai jika shopping online? Transfer secara manual melalui ATM kah? Credit Card kah? Paypal? Debet? 

Transfer pake E-Banking. Kalau belanja di Ebay, nebeng PayPal suami.

​7​. Sosial media apakah yang paling sering kamu gunakan dalam shopping online? yang menurut kamu mudah dalam penggunaan transaksinya.

Selalu di IG, sih. Belum pernah di FB atau Twitter, karena apa ya? Emm, kayaknya paling gampang cari OLS di IG. Search hashtag juga ketemu barangnya hahahaa, kalau di FB atau Twitter kayaknya nggak sesimpel itu. Belum pernah coba sama sekali.

8. Ada gak nih barang yang dijual di suatu akun shopping online di sosial media yang sampai sekarang belum bisa kamu dapat karena sold out terus?

Ada! di IG @LeganLegan hahaha bahkan dateng ke tokonya juga nggak dapet. Atasan tunik, ⅞ gitu. Buset susah banget dapetinnya.


9. ​Berapa tenggang waktu yang kamu berikan jika belanja OLS? contohnya kalau belanja di Asos butuh waktu sekitar 1 bulan sementara belanja di IG bisa cuman 2-3 hari.

Tergantung barangnya, sih. Kalau memang PO butuh sebulan, ya sabar aja. Tunggu sesuai janji OLSnya. Tapi maunya, sih, beli sekarang, besok atau lusa udah sampe rumah :p




10. Boleh di share gak online shopping favorit kamu apa? dan mengapa kamu suka sekali belanja online disitu? sebutkan juga apa produk favorit yang sering kamu beli dari situ.

@Alfandloubookstore : ini toko buku import di IG. Pelayanannya bagus, cepat tanggap, dan cepat kirim. Ownernya senang ngobrol dan nggak pelit kasih rekomendasi buku yang pas untuk usia anak. Waktu itu saya pernah order buku, nggak taunya habis, padahal uangnya sudah ditransfer, nggak pakai lama, uang langsung kembali.

@preorderbymimo: Tempat beli kosmetik yang saya percaya. Sekarang udah ada websitenya jugaaa, jadi lebih gampang belanjanya. Biasanya beli lipstick, sih. Merek dan shadenya terbilang lengkap. Terpenting, Mimo jualan sampel lisptick mac 80ribuan!! Hahahaha

@maima.indonesia: Nah, kalau ini toko hijab andalan. Kerudung pashmina dengan bahan katun importnya yang jadi highlight merek ini. Gampang dibentuk tanpa perlu peniti atau jarum pentul kalau model hijabnya sederhana. Baju produksi Maima ini juga punya ciri khas, either pakai bahan linen atau katun-kaos. Super nyaman. Ada toko offlinenya juga di Bandung.

www.lovelytots.com : ini tempat belanja kebutuhan clodi dan gendongan waktu Menik bayi. Merek yang ada di OLS ini cukup variatif, jadi enak milihnya. Lolvelytots ini juga sering ikut acara pameran produk anak, jadi terpercaya, deh.

www.cottonink.co.id : Siapa yang nggak kenal Cotton Ink, yakaann? Cutting bajunya sederhana dan itu yang jadi daya tariknya. Biasanya saya beli shawl atau atasan. Tone warnanya, sih, yang bikin saya ingin beli lagi dan lagi. Packing pas dikirimnya juga bagus dan ukurannya pas. Ai laik!

www.hijup.com : ini buat liat koleksi hijab sesuai tren, deh. Lumayan, semua designer hijabers jadi satu disini. Kalau diliat sold out, baru cek akun official brand tersebut.

@s.rw dan @meytanayu : ini dua akun langganan beli tas lokal. Kualitas dan designnya nggak kalah sama desainer luar.  I love them!

http://www.qoo10.co.id/ : ini OLS serba ada yang suka buka PO borongan jadi harga murah banget. Beli sabun sereh yang isi 12 atau kadang ikutan beli lipstick yang harganya super miring karena itu tadi, PO borongan. Kurangnya, sih, kalo PO borongan memang lama datengnya, but it’s worth to wait.

​11. Sebutkan juga dong online shopping yang sama sekali tidak kamu rekomendasikan dan mengapa?

Kayaknya website e-commerce atau sis sis IG yang suka pajang baju dengan tulisan “baju korea”, deh! Itu ukurannya suka nggak masuk akal. Saya belum pernah beli, sih. Ibu yang pernah coba, beli cardigan. harganya 50ribu, setelah diskon ceritanya. Tertulis ukurannya All Size. Pas dateng All Size buat anak SD x)

12. Siapakah sosok artis, famous blogger, celeb, yang kamu suka banget dan sangat memberi inspirasi, yang kadang tanpa sengaja suka bikin ngiler dengan produk2 yang dipakai oleh ybs. Apakah ​testimoni dari mereka mempengaruhi kamu untuk belanja online?

Wah ini! Hahaha, dibagi, ya!

Untuk skincare dan make up: @alodita @mama.of.snow
Untuk busana muslim: @zahratuljannah @jenahara

Testimoni plus foto mereka suka bikin impulsif mau beli saat itu juga!
*umpetin token*

13. Boleh dong tau jika ada kesempatan kamu traveling ke luar negeri, kalau bisa memilih pengen belanja di negara apa?

Yang deket, sih, ke HongKong aja. Kalau beda benua, pengin ke Jepang dan Paris.
*ngayal jadi ponakan Paman Gober*



0 comments:

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag