OEMAH ETNIK: Busana Kontemporer Rasa Indonesi

07:00 Globe and Bag 1 Comments



Oemah Etnik lahir dari rahim seorang desainer muda yang memiliki kecintaan mendalam akan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. “Saya menemukan sebuah fakta yang sedikit menyedihkan disaat saya kuliah, bahwa sudah semakin berkurang perpanjangan tangan dalam melestarikan budaya Indonesia. Pendahulu-pendahulu di industri ini kebanyakan sudah berumur dan sulit sekali mencari generasi muda yang tergerak untuk meneruskannya,” ujar Rizki Triana, atau yang biasa disapa Kiki. Berangkat dari sanalah inspirasi untuk merilis sebuah clothing line yang mengandung unsur etnik ini berasal.

Oemah Etnik berasal dari bahasa Jawa yang berarti tempat yang menyediakan produk-produk yang terbuat dari kain tradisional Indonesia. Walau usianya masih 3,5 tahun, Oemah Etnik berusaha untuk tetap konsisten sesuai dengan visi dan misinya, yaitu melestarikan budaya Indonesia melalui fashion yang modern. Koleksinya pun lengkap, mulai dari atasan, rok, celana, outerwear, tas, dll yang semuanya berbentuk ready to wear.



Nilai keunikan terlihat jelas dari nuansa heritage yang kental pada setiap koleksi yang diluncurkan. Meski demikian, Oemah Etnik selalu berhasil mengemasnya dengan apik dan kekinian sehingga diharapkan generasi muda dapat jatuh cinta pada koleksinya. Tidak ada lagi kesan tua atau kuno saat mengenakan busana dengan sentuhan kain tradisional Indonesia.

Keunikan lain terpancar dari keseriusan Oemah Etnik dalam menjalankan misinya. Tidak mau asal-asalan, Oemah Etnik menggarap sendiri Batik, Lurik, dan Tenun yang ada di setiap koleksi, sesuai dengan tema yang diangkat. Kebanyakan dari kain-kain tersebut didatangkan dari pengrajin asli di kota Yogjakarta. Seperti yang terlihat di koleksi terakhir, yaitu HAVANA, Oemah Etnik mengangkat kain Lurik Jogja yang biasa digunakan untuk stagen. Lurik-lurik tersebut dibuat di desa binaan bernama Moyudan dibawah asuhan yayasan Dreamdelion di Yogjakarta. “Prosesnya melalui tenunan, namun desain dan warnanya disesuaikan dengan desain yang kami inginkan,” jelas Kiki. 



Dengan penggarapan yang mendalam dan desain yang wearable untuk generasi muda, tak ayal, produk Oemah Etnik diburu para pencinta fashion, tak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri seperti Malaysia dan Australia. Kiki mengungkapkan bahwa best seller item untuk koleksi HAVANA adalah Blue Morrigan Outer, “Banyak klien saya memakai outer tersebut untuk berlibur ke luar 
negeri. Menurut mereka, Morrigan Outer cukup noticeable dan unik dengan aksen Lurik di bagian depannya.” Selain itu, untuk koleksi basic, Laila Off-Shoulder Top juga laris manis di pasaran. Tak hanya cocok untuk dipakai sehari-hari, Laila juga cantik untuk menemani Anda ke acara-acara formal. 



Koleksi Oemah Etnik bisa ditemui secara lengkap di website www.oemahetnik.com dan stockist di Zalora, Bobobobo, dan Galeri Indonesia Kaya di Mall Grand Indonesia. Selain di Indonesia, Oemah Etnik juga tersedia di FashionValet (Malaysia).

1 comment:

  1. Emang cantik-cantik desainnya. Konsepnya mateng banget kayaknya ya Fe.

    ReplyDelete

Thanks for your comments and love!

Please follow our Facebook Page and Instagram at : @globeandbag
See you there !


/Globe And Bag